header logo pa

Written by Admin on . Hits: 1041

 


SOP (Standar Operasional Prosedur)



Pertama
Pihak berperkara datang ke Pengadilan Agama dengan membawa surat gugatan  atau  permohonan.

Kedua
Pihak berperkara menghadap petugas MEJA I dan menyerahkan surat gugatan  atau  permohonan., minimal 6 (enam) rangkap. Untuk surat gugatan waris ditambah sejumlah Tergugat.

Ketiga
Petugas MEJA I (dapat) memberikan penjelasan yang dianggap perlu berkenaan dengan perkara yang diajukan dan menaksir panjar biaya perkara yang kemudian ditulis dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar). Besarnya panjar biaya perkara diperkirakan harus telah mencukupi untuk menyelesaikan perkara tersebut (Pasal 182 ayat (1) HIR. Jo.Psl. 90 Undang-undang RI No. 3 Thn. 2006 Tentang Perubahan Atas Undang-undang No.7 Thn 1989 Tentang Peradilan Agama

Keempat
Petugas MEJA  I  menyerahkan kembali surat gugatan atau permohonan kepada pihak berperkara disertai dengan SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar) dalam rangkap 3 ( tiga ).

Kelima
Pihak berperkara datang ke loket layanan bank yang ditunjuk untuk membayar panjar biaya perkara sebagaimana yang tertuang dalam SLIP Setoran Bank.. Kemudian pihak berperkara menyerahkan slip bank yang telah diisi dan menyetorkan uang sebesar yang tertera dalam slip bank tersebut kepada petugas Bank.

Keenam
Setelah pihak berperkara menerima slip Bukti Setoran bank yang telah divalidasi dari petugas Meja I, pihak berperkara menuju bank yang ditunjuk untuk membayar panjar biaya perkara sesuai dengan yang tertera dalam SLIP setoran tersebut, lalu petugas Bank menerima uang panjar beserta SLIP bukti setoran tersebut, dengan membubuhkan tanda lunas pada SLIP tersebut. Selanjutnya pihak membawa kembali SLIP tnda Setoran Bank tersebut kepada petugas Kasir untuk di isi kedalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar), paling lambat sehari setelah pihak berperkara membayar panjar tersebut melalui Bank.

Ketujuh
Pemegang Kas (Kasir)  mencatat Panjar Biaya tersebut ke dalam Jurnal Keuangan Perkara serta menandatangani SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar), membubuhkan nomor perkara dan tanggal penerimaan perkara dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar) dan dalam surat gugatan/permohonan sesuai dengan Nomor dan tanggal saat pencatatan dalam Jurnal Keuangan Perkara.

Kedelapan
Pemegang Kas memberi tanda lunas dalam SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar) dan menyerahkan kembali kepada pihak berperkara asli  SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar) serta satu salinan surat gugatan atau permohonan yang telah diberi nomor perkara dan tanggal pendaftaran.


PENDAFTARAN SELESAI
Pihak/pihak – pihak berperkara akan dipanggil oleh Jurusita / Jurusita Pengganti untuk menghadap ke persidangan setelah ditetapkan Susunan Majelis Hakim ( PMH ) dan hari sidang pemeriksaan perkaranya ( PHS ).Hari sidang pertama, paling lambat 30 hari sejak pendaftaran. Pemanggilan pihak-pihak dilakukan paling lambat tiga hari sebelum persidangan( hari waktu memanggil tidak dihitung )

Kesembilan
Pihak – pihak hadir di Persidangan sesuai panggilan sidang

Kesepuluh
Setelah Majelis Hakim membacakan putusan dalam sidang yang terbuka untuk umum, Ketua Majelis memberitahukan pada Penggugat / Pemohon untuk menghadap Kasir guna mengecek panjar biaya perkara yang bersangkutan.
(Dengan menggunakan instrumen)Para pihak menyampaikan bukti-bukti yang diperlukan

Kesebelas
Pemohon / Penggugat selanjutnya menghadap kepada Pemegang Kas untuk menanyakan perincian penggunaan panjar biaya perkara yang telah ia bayarkan, dengan memberikan informasi nomor perkara.

Keduabelas
Pemegang kas berdasarkan buku jurnal keuangan perkara memberi penjelasan mengenai rincian penggunaan biaya perkara kepada Pemohon / Penggugat.

 


C a t a t a n :
Apabila terdapat sisa panjar biaya perkaranya, maka Pemegang Kas membuatkan kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dengan menuliskan jumlah uang sesuai sisa yang ada dalam buku jurnal dan diserahkan kepada
Pemohon / Penggugat untuk ditanda tangani.
Kwitansi pengembalian sisa panjar biaya perkara terdiri dari 3
( tiga ) lembar :
-    Lembaran pertama untuk pemegang kas
-    Lembar kedua untuk Pemohon / Penggugat
-    Lembaran ketiga dimasukan ke dalam berkasperkara

Ketigabelas
Pemohon / Penggugat setelah menerima kwintansi pengembalian sisa panjar biaya perkara dan menanda tangani, kemudian menyerahkan kembali kwitansi tersebut kepada pemegang Kas.

Keempatbelas

Pemegang kas menyerahkan uang sejumlah yang tertera dalam kwitansi tersebut beserta tindasan pertama kwitansi kwitansi kepada pihak Pemohon / Penggugat.
Catatan :
Apabila Pemohon / Penggugat tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan atau tidak mengambil sisa panjarnya pada hari itu, maka oleh Panitera melalui surat akan diberitahukan adanya sisa panjar biaya perkara yang belum ia ambil.
Dalam pemberitahuannya tersebut diterangkan bahwa apabila Pemohon/ Penggugat tidak mengambil dalam waktu 6 (enam) bulan, maka uang sisa panjar biaya perkara tersebut akan dikeluarkan dari buku Jurnal Keuangan yang bersangkutan dan dicatat dalam buku tersendiri sebagai uang tak bertuan (Psl. 1946 KUHPerdata , yang selanjutnya uang tak bertuan tersebut akan disetorkan ke Kas Negara.

Kelimabelas
Para Pihak dapat mengajukan Banding dalam tempo 14 hari setelah putusan dijatuhkan atau 14 hari setelah pemberitahuan putusan kepada pihak yang tidak hadir saat putusan diucapkan. (Para Pihak dapat meminta Salinan Putusan / Penetapan dari Panitera)

Keenambelas
KHUSUS PERKARA PERCERAIAN
Cerai Gugat :
Setelah Putusan berkekuatan hukum tetap, Panitera memberitahukan pada para pihak bahwa Putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap.
Cerai Talak :
Penetapan Ikrar Talak berkekuatan hukum tetap pada saat Penetapan itu ditetapkan
(Tidak perlu ada pemberitahuan khusus ).

Ketujuhbelas
Panitera berkewajiban memberikan Akta Cerai pada para pihak selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari, terhitung sejak putusan berkekuatan hukum tetap. Khusus untuk Cerai Talak, 7 hari setelah Ikrar Talak diucapkan. ( Psl. 84 ayat (4) U. No. 7 / 89 yang telah diubah dengan UU. No. 3 / 06, terakhir dengan UU. 50 tahun 2009 ).

selamat datang 2


 
 
 
 

KONTAK KAMI

Alamat : Komplek Perkantoran Gunung Kembang, Kecamatan Sarolangun,
Kabupaten Sarolangun, Propinsi Jambi, 37481, Indonesia

 Telepon : (0745) 91679

 Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

SCAN ME PA SAROLANGUN

 fb oktw okwa okig okyt ok

Dikembangkan oleh : TIM IT Pengadilan Agama Sarolangun
Copyright © 2021 | Mahkamah Agung Republik Indonesia - Pengadilan Agama Sarolangun