Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
"Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Sarolangun, dapatkan Informasi tentang Pengadilan Agama Sarolangun disini..."
Logo PENGADILAN AGAMA SAROLANGUN

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA SAROLANGUN

Komplek Perkantoran Gunung Kembang - Kabupaten Sarolangun - Propinsi Jambi

Telp/Fax : 0745 - 91679 | Email : pasarolangunjbi@gmail.com

Logo Artikel

SEJARAH PENGADILAN

Sejarah Pengadilan Agama Sarolangun

primi sui motori con e-max

Pengadilan Agama Sarolangun merupakan salah satu dari sepuluh pengadilan tingkat pertama yang berada di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jambi. Pengadilan Agama ini terletak di Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun yang merupakan Ibukota Kabupaten Sarolangun. Hal tersebut telah sesuai dengan amanat pasal 4 ayat (1)Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 serta perubahan kedua dengan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009.

Sebagaimana halnya Pengadilan Agama Sarolangun, Kabupaten Sarolangun termasuk Kabupaten yang termuda di Provinsi Jambi karena termasuk Kabupaten pemekaran. Namun letak Kabupaten ini sangat strategis karena berada di jalan Lintas Sumatera sehingga perkembangannya dirasakan lebih cepat dibandingkan dengan beberapa Kabupaten lain di Provinsi Jambi.

Saat ini Pengadilan Agama Sarolangun telah memiliki kantor sendiri berupa bangunan permanen yang berdasarkan bestek pembangunan kantor Pengadilan Agama Sarolangun tahun 2006 berukuran 500 m². Bangunan kantor tersebut berdiri pada saat Pengadilan Agama masih di bawah naungan Departemen Agama sehingga belum memenuhi standard atau prototype yang ditetapkan Mahkamah Agung. Bangunan yang dimaksud berdiri di atas tanah seluas 7.950 M² dimana tanah tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sarolangun Nomor 120 tahun 2001 merupakan hak pakai yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun kepada Pengadilan Tinggi Agama Jambi.

Dalam menyelesaikan tugas-tugasnya selaku pengadilan tingkat pertama yang merupakan ujung tombak Mahkamah Agung, Pengadilan Agama Sarolangun telah menyelesaikan rata-rata 150 sampai dengan 160 perkara setiap tahun. Meskipun kenaikan jumlah perkara tidak begitu signifikan namun jenis perkara sudah semakin variatif. Pada tahun 2014 selain perkara perceraian, Pengadilan Agama Sarolangun telah banyak menerima jenis perkara lain seperti pembatalan nikah, gugatan pembagian harta bersama (gono gini), pengesahan itsbat nikah, bahkan permohonan eksekusi hak tanggungan.

Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Sarolangun, perkembangan Teknologi Informasi yang semakin hari semakin canggih, maka mau tidak mau Pengadilan Agama Sarolangun harus lebih giat mempersiapkan diri, baik sarana, prasarana maupun sumber daya manusia. Oleh sebab itu pada tahun 2014 telah ada beberapa pegawai baik hakim maupun non hakim yang pendidikan terakhirnya strata 1 melanjutkan pendidikannya ke program strata 2 (pasca sarjana).


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas